Mengenal Warung Makan Berdasarkan Tempat Jualnya

Ketika melakukan perjalanan jauh, pasti kita akan bertemu dengan si lapar. Dan kalau sudah berurusan dengan si lapar, yang kita cari pasti si mawar (makan warung) karna terlalu lama kalau harus tunggu hingga sampai dirumah. Disinilah pentingnya mengenal warung makan berdasarkan tempat jualnya.

Saya tidak pergi jauh menyebrang profinsi untuk mengabarkan harga menu makanan yang bervariasi, disini ditempat saya ( Papua ) sudah cukup banyak tempat dengan harga yang terbilang dan tanpa bilangan ( mahal & gratis ).

Daging rusa gratis dan ikan air tawar yang murah.

Dua menu ini bisa saya dapatkan di Merauke. Pentolan bakso moyang dari daging rusa dengan harga murah Atau kakeknya ikan mujair bakar. Ada juga warung makan yang menyediakan lauk gratis karena banyak ditempat itu. Yaa, itu hanya di merauke.

Ikan bakar Bintang Laut Jayapura.

Ditempat ini, saya bisa memesan ikan laut sesuai isi saku saya. Ikan apa saja tersedia disini. Kita bisa makan sepuasnya dan sisa bisa dibungkus dan dibawa pulang itupun dengan harga yang sangat terjangkau.

Jajanan hasil kebun murah meriah.

Yang suka makan jagung rebus, kacang rebus, segala jenis olahan kripik goreng, bahan mentah, dan buah-buahan segar, semua tersedia dipasar pinggir jalan koya. Daerah transmigrasi pinggiran kota jayapura yang sudah maju.

Setiap tempat menyediakan makanan murah sesuai penghasilan tempat tersebut dan sangat tidak mudah menemukan satu tempat yang menyediakan semua itu. Merauke, disana tempatnya rusa dan ikan mujair, ikan gabus tanah juga banyak karena hampir semua wilayah merauke itu rawa dan pembongkaran hutan baru. Jadi kalau mahu ketemu rusa main dihalaman, ya di sana. Jadi tidak heran kalau pentolan merauke terkenal murah dan enak.

Begitu juga dengan keadaan tempat disini, Jayapura.

Sebagian besar wilayah jayapura dipesisiran pantai, naik kedarat dibatasi oleh gunung-gunung tinggi. Untuk sampai ke satu wilayah ke wilayah yanglain, perjalanan menyisiri pinggiran gunung dengan hiasan laut yang cantik.

Kita akan menemukan satu kota seperti lembah dan kemudian menyisiri gunung kemunung lagi sampai tiba di bandar udara sentani setelah melewati pemandangan cantik Danau Sentani.

Penasaran ? Coba donk kesini.. kan ada saya disini. hehe

Jadi, jangan kaget kalau bertemu warung makan dan ada makanan yang gratis atau menu makanan yang terbilang mahal dari tempatlain. Semua itu karena menyesuaikan diri dengan keadaan setempat.

Sebagai contoh waktu saya berkunjung ke Bandung si kota Kembang. Ikan tuna segar itu paling langka didapatkan. Adapun ikan laut, entah matinya sudah yang keberapa bulan hingga sampai ke pengecer dipasar. Daging ikan itu pucat tanpa darah. Pikir saya mungkin kena setrum!! ( humor )

Oleh karena itu Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan saat bepergian, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu rute perjalanan dan merencanakan tempat-tempat yang akan disinggahi.

Jangan lupa juga memastikan harga menu makanan dan makanan yang dipesan dan makanan yang dihidangkan. Supaya tidak terjadi salah paham.●●●

Tidak ada komentar:

Posting Komentar