Wisata Alam Kali Biru Nimbokrang

Di Papua pada umumnya dan kabupaten Jayapura kecamatan Nimbokrang, kampung berab khususnya, banyak sekali tempat wisata alam yang benar-benar masih alami dan berbau alam. Kealamiannya itu seperti kita benar-benar berjalan di tengah hutan dan menemukan sutu tempat yang luar biasa menakjubkan dan terpaku, Enggan mengedipkan mata apalagi bergeser barang sesaat. Seperti itulah wisata alam kali biru berab Nimbokrang.

Walaupun lahir dan besar di Papua Jayapura, masih terlalu banyak tempat wisata alam yang unik yang belum saya kunjungi.

KALI BIRU NIMBOKRAN

Kali biru nimbokrang salah satu yang baru saja mengisi daftar kunjungan wisata alam sayadi Papua.

Perjalanan 2 jam sampai ke tempat wisata alam, lumayan buat saya harus tetap berjaga mata untuk kembali merekam setiap laju kecepatan kendaraan barangkali ada yang terlewatkan.

Tahun 2009 terakhir saya melintasi jalan sentani - sarmi, jalan ini pula yang dilalui menuju wisata alam Kali Biru. Saat itu belum ada hal yang menarik perhatian saya kecuali keindahan alam danau sentani barat, yakonde.

Beberapa lekukan gunung cantik yang sekarang di kenal sebagai gunung teletabis terlihat biasa saja. Keramba terapung, restoran tomarokai kampung sosiri, juga belum di kenali seperti sekarang ini.

WaoW luar biasa, Papuaku telah maju. Orang asli Papua sudah mulai berpikir modern mengembangkan potensi alam pariwisata. Senyum saya mengembang.

Jalan menuju kali biru juga tidak mulus seperti jalan di kota. Beberapa perbaikan setiap 1 kilo meter, lumayan melambatkan perjalanan kami sampai ke tujuan. Hiasan anak kampung cap 5000 juga masih menghiasi sepanjang perjalanan.

"Sore bapa ibu. Minta maaf ini. Kitong ada timbun-timbun jalan jadi, bisa tolong 5000 kah buat tamba-tamba beli gula sama kopi."

Saya mengerutkan alis. Mereka benar-benar ulet.

Perjalanan yang cukup jauh melewati hutan dan kampung, jalan yang tidak mulus. Saya sangat penasaran, seperti apakah kelebihan kali biru yang akan kami kunjungi ?

Dan, Kali Biru yang menjadi tujuanpun sampai.

Waow.. kali biru! Air kalinya yang benar biru, benar-benar berwarna biru. Ini sangat berbeda dengan kali yabawi dekat tempat tinggal saya yang dipenuhi bebatuan dan kali jaifuri akhir pembuangan dari danau sentani.

Kali yabawi juga punya tempat wisata alam air terjun. Sebenarnya kalau ngomong air terjun, sepanjang gunung syclop, tidak terhitung tempat wisata yang luar biasa. Tapi sangat berbeda dengan kali biru.

Biru airnya seperti biru susu atau biru agak kehijauan dan susu. Saya sedikit bingung menggambarkan warna biru itu. Mungkin warna itu di sebabkan oleh dasar dari kali, tanah padat. Tidak terdapat batu atau pasir di dalamnya. Asli tanah liat!

Kita bisa terpeleset pada gundukan tanah dasar air kalau benar-benar memijakkan kaki. Licin! Untungnya semua rata. Permukaan bawah kali rata.

Pengunjung yang datang ketempat ini dari semua penjuru. Orang asli papua, pendatang, bersepeda motor maupun roda empat parkir mengitari kali biru.

Airnya benar-benar sejuk dan dingin seperti es.

Hal yang mengejutkan ketika ada seekor ular yang berenang keluar. Mungkin karna masih alam, keadaan seperti itu biasa terjadi. Mungkin juga teguran segera naik kedarat karena matahari sudah turun tertutup pohon.

Saya mengerti keadaan-keadaan seperti itu. Alam Papua yang masih alam dan alami. Wisata Alam Kali Biru Nimbokrang, alami dan berbau alam.







4 komentar: