Baju Lebaran Buat Anak-Anak

Mengenang kembali 18 tahun yang silam waktu anak-anak masih pada batita. Aku selalu memulai sesuatu dari yang kecil meskipun keadaan bisa melakukan sesuatu yang besar tapi kecil itu pengertianku adalah dasar. Kalau bisa menghargai yang kecil, yang besar datang akan lebih baik pemberiannya.

Dan sikecil itu, seperti baju lebaran buat anak-anak, warna-warna dasar jadi pilihan buat mereka. Satu warna yang di padu padankan antara keduanya. Kalau si kakak menggunakan kemeja, si adek juga sama, kalau si kakak warna merah, si adek merah juga tapi ada warna lain yang membedakan dengan si kakak.

Beli baju juga tanpa sepengetahuan mereka karena anak laki tidak terlalu memperharikan gaya seperti anak perempuan, yang penting buat mereka bisa di terima saar bermain dengan teman-teman, itu sudah membuat mereka bahagia. Karena itu baju baru tetap penting walaupun sekedar menyesuaikan diri.

Lingkungan tempat tinggal dan cara bermain anak menjadi tolak ukur. Berapa yang harus ditolak dan kemampuan jadi ukuran. Tidak perlu memaksakan diri untuk harus diterima dimanapun kita berada, cukup mereka tahu bahwa kita ada dan mereka juga ada.

Bukan hanya soal baju lebaran, untuk semua hal, aku selalu ingin memperkenalkan kepada mereka inilah corak kami, ini gaya kami, kami ada diantara kalian dan kami tahu kalian ada.

Sampai mereka si batita itu dewasa, gaya itu menjadi dasar. Si kakak yang kini 22 tahun selalu santai dengan apa adanya dan bergaya pas ada yang di pake gaya. Begitu juga si adek. Waktu mereka di puji karena ada yang berbeda, dia hanya tersenyum dan menjawab, "ah, ini biasa di pake orang. Santai saja." ●●

Tidak perlu bermewah-mewah saat lebaran tiba karena kemewanan yang Allah sediakan di bulan yang penuh berkah itu yang penting di kejar.

Terlalu berlebihan juga hanya menimbulkan kecemburuan sosial.

Bergaya sewajarnya saja. Sisa dari berkat bisa di simpan untuk kebutuhanlain. Bagian dari kelebihan itu milik oranglain. Gunakan buat tabungan akherat kelak.

Selamat  Hari Raya Idul Fitri 1438H/2017M. Semoga amal ibadah bagi yang menjalankan puasa di terima dan disempurnakan  Allah. Mohon maaf lahir dan batin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar