Panggilan Ganjil untuk Perempuan Papua, Diajeng. Aku Harus Balas Apa ?

Ini adalah sebuah keganjilan bagi saya saat seorang teman yang bersuku asli sentani menyebut saya dengan Diajeng atau Jeng. Saya musti membalas dengan sebutan apa ?

Sementara asal suku saya bercampur darah dari suku makassar dan sentani. Bapak dari makassar dan mama dari sentani.

Dalam penyebutan panggilan untuk yang lebih tua dari kedua suku timur Indonesia, tidak ada perbedaan. Yang lebih tua di panggil kakak dan yang muda di panggil adik. Tidak untuk kakanda tau adinda, cukup dengan sebutan kakak dan adik.

Setelah mencari di google arti dari kata Diajeng, sebutan untuk perempuan, saya menemukan pengertian seperti dibawah ini :

Panggilan untuk seorang perempuan (biasanya dari pria) untuk menghormati perempuan dan menunjukkan kesederajatan

Jeng dalam bahasa Jawa artinya sama dengan Dik. Jeng lengkapnya adalah : "diajeng". terjemahan bebasnya adalah = adik perempuan. 

Kata tersebut sering terungkap pada relasi yang sangat dekat antara seseorang (lelaki/wanita) dengan seorang puteri/cewek/wanita yang dirasa/dianggap lebih muda.

Kata itu menunjukkan bahwa ada kualitas khusus yang melekat pada diri si "cewek/wanita/perempuan" yang lebih muda tersebut.

Kualitas / derajat itu hanya cocok bagi mereka yang dianggap terhormat dalam komunitas / budaya Jawa. Oleh Drs Widodo M.

Namun saya tidak menemukan balas panggil untuk kata Diajeng atau Jeng. Pertanyaannya, saya harus membalas dengan sebutan apa ? karena panggilan itu terasa asing buat saya. Kalau adinda, jelas balasannya kakanda. Tapi kalau sebutan Jeng, saya harus membalas dengan apa ya ?

2 komentar:

  1. Kalo Jeng itu sebutan untuk adik perempuan dalam pergaulan sehari-hari mungkin membalas panggilan dengan sebutan mas
    sedang diajeng bisa saja maksdnya adinda jadi tetap sajalah mas
    adinda >< kakanda
    tapi nggk tahu juga ini cuma menurut ku saja biasa jadi tidak benar atau tidak pas hehe ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti pasangan untuk sebutan Jeng, itu Mas ya. Sedang Diajeng sama arti dengan adinda. Jadi mengerti. Makasih Jeng Maya.

      Hapus